Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pengaruh Pembelajaran
Kooperatif Berbantuan Media Trimino Terhadap Kecepatan Menyelesaikan Soal
Matematika Siswa Kelas V Di SDN Sangir Kota Makassar. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sangir Kota Makassar dengan jumlah 48
siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik
dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisi data menggunakan uji coba instrumen
dan uji prasyarat analisis.
Hasil penelitian ini, dapat dilihat atau ditunjukkan pada uji t pada nilai
signifikan 0,001 < 0,05 dengan harga hitung thitung = 29,515 dan ttabel = 1,714
artinya H0 di tolak dan H1 diterima dengan nilai rata-rata pretest sebesar 51,28
dan waktu rata-rata siswa mengerjakan soal adalah 67 menit (kriteria kurang
cepat). Sedangkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media trimino
nilai rata-rata 83,6 dan waktu rata-rata siswa mengerjakan soal adalah 45 menit
(kriteria cepat). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
pembelajaran kooperatif berbantuan media trimino terhadap kecepatan
menyelesaikan soal matematika siswa kelas V SDN Sangir Kota Makassar.