Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
efektivitas model pembelajaran scramble dalam pembelajaran menyusun paragraf
bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Monginsidi Makassar. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experiment one grup
pretest-posttest, yaitu memberikan tes sebelum diberikan perlakuan, kemudian
memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran scramble. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 23
orang. Penelitian 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya perbedaan model pembelajaran scramble digunakan
dalam pembelajaran menyusun paragraf bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres
Monginsidi Makassar dengan perbandingan nilai rata-rata hasil tes pretest
sebelum perlakuan 52,5 dan posttest sesudah perlakukan 85. Dengan demikian,
dapat disimpukan model pembelajaran scramble efektif.