| dc.contributor.author | MARNICE | |
| dc.date.accessioned | 2023-10-24T08:50:14Z | |
| dc.date.available | 2023-10-24T08:50:14Z | |
| dc.date.issued | 2023 | |
| dc.identifier.other | 4519103049 | |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8023 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran scramble dalam pembelajaran menyusun paragraf bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Monginsidi Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experiment one grup pretest-posttest, yaitu memberikan tes sebelum diberikan perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 23 orang. Penelitian 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan model pembelajaran scramble digunakan dalam pembelajaran menyusun paragraf bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Monginsidi Makassar dengan perbandingan nilai rata-rata hasil tes pretest sebelum perlakuan 52,5 dan posttest sesudah perlakukan 85. Dengan demikian, dapat disimpukan model pembelajaran scramble efektif. | en_US |
| dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
| dc.subject | Model Pembelajaran Scramble | en_US |
| dc.subject | Pendekatan Pre-Experiment | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN PARAGRAF BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES MONGINSIDI MAKASSAR | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |