EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN PARAGRAF BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES MONGINSIDI MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author MARNICE
dc.date.accessioned 2023-10-24T08:50:14Z
dc.date.available 2023-10-24T08:50:14Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519103049
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8023
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran scramble dalam pembelajaran menyusun paragraf bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Monginsidi Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experiment one grup pretest-posttest, yaitu memberikan tes sebelum diberikan perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 23 orang. Penelitian 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan model pembelajaran scramble digunakan dalam pembelajaran menyusun paragraf bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres Monginsidi Makassar dengan perbandingan nilai rata-rata hasil tes pretest sebelum perlakuan 52,5 dan posttest sesudah perlakukan 85. Dengan demikian, dapat disimpukan model pembelajaran scramble efektif. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model Pembelajaran Scramble en_US
dc.subject Pendekatan Pre-Experiment en_US
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN PARAGRAF BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES MONGINSIDI MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account