Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas IV SDN
115 Inpres Benteng Gajah di Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap
siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang terdiri dari 17 orang
laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah Observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hal ini dapatdilihat dari hasil
analisis observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori
Kurang dan siklus II berada pada kategori Baik. Hasil analisis observasi belajar
siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II berada pada kategori Baik.
Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori Kurang sedangkan siklus II
berada pada kategori Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan
dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Word square dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajarn PPKN kelas IV SDN 115 Inpres Benteng Gajah di Kabupaten Maros.