Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity
worship terhadap impulsive buying pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di
Indonesia. Sampel pada penelitian ini berjumlah 373 orang yang terdiri dari
penggemar K-Pop dewasa awal berusia 20-30 tahun di Indonesia yang telah
menjadi penggemar K-Pop selama lima tahun atau lebih. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan
regresi linier sederhana. Skala dalam penelitian ini menggunakan Celebrity
Attitude Scale dan Skala Impulsive Buying Penggemar. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa celebrity worship memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
impulsive buying pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Indonesia dengan
kontribusi sebesar 19,7%, sedangkan sisanya sebesar 80,3% dipengaruhi oleh
faktor lain di luar penelitian ini. Pada penelitian ini juga diketahui bahwa
penggemar K-Pop usia dewasa awal di Indonesia memiliki tingkat celebrity
worship dan impulsive buying yang termasuk dalam kategori sedang.