Abstract:
Industri game merupakan industri yang berkembang paling pesat dibandingkan dengan
industri hiburan lainnya. Saat ini China merupakan pusat dari industri game di seluruh dunia,
dengan banyaknya perusahaan-perusahaan terkenal seperti Tencent, NetEase dan lainnya. Game
sekarang ini dapat dapat beralih fungsi dari sebagai bentuk hiburan menjadi alat untuk mencapai
kepentingan suatu negara. China merupakan negara yang faham akan potensi dari industri game.
Sehingga China mengemebangkan industri game di negaranya begitu cepat dari pada negaranegara yang lain. China menjadikan industri game sebagai instrument soft power dalam
menaikan perekonomian China yang sempat jatuh akibat pandemic. Dalam penelitian ini,
peneliti memfokuskan pada diskusi terkait Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah China dalam
industri game sebagai instrument soft power dalam meningkatkan perekonomian negaranya
menggunakan konsep Soft Power serta konsep Konstruktivisme.
Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-eksplanatif.
Dimana peneliti menggambarkan perekembangan industri game di China pada era pandemic
kemudian menjelaskan bagaimana industri game dapatdijadikan sebagai soft power bagi China,
kemudian kebijakan pemerintah China dalam melindungi industri game dan para gamer di
negaranya, dan juga kebijakan dalam pembuatan industri game.
Hasil dari penelitian ini ialah kebijakan dari pemerintah China dalam industri game di era
pandemic ini memunculkan kekuatan bagi China untuk memajukan perekonomiannya di kala
banyaknya negara-negara yang terpuruk dalam ekonomi disebabkan pandemic, China juga
menjadi negara yang mempengaruhi beberapa negara melalui kebijakan pendistribusian dalam
industri game sehingga China dapat memngukuhkan posisinya sebagai trend setter sehingga
China dapat mengontrol game dengan konten dan model seperti apa yang ada di pasar game.
China juga melakukan pentransferan budaya melalui industri game dengan cara memasukan
unsur budaya ke dalam konten game. Kemudian yang terakhir China memunculkan kekuatan
etik yang timbul dari kebijakannya dalam industri game. Pertama, kekuatan etik yang muncul
dari kebijakan pembatasan bermain game untuk anak di bawah umur. Kedua, kekuatan etik yang
muncul dari kebijakan penerapan budaya dalam unsur game