Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan menginterpretasikan
pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja guru
SMKN 5 Selayar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode survey. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner
yang disebar kepada 50 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dan motivasi secara
parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan hanya lingkungan
kerja yang berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru
pada SMKN 5 Selayar. Namun secara simultan kepemimpinan, lingkungan kerja
dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMKN 5
Selayar. Dengan demikian faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru
menunjukkan hasil dengan nilai koefisien determinasi 50,9% artinya keseluruhan
dari variabel bebas memiliki hubungan secara bersama-sama.