Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Keterampilan
Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Metode Debat Pada Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas V SD Inpres Mangasa I tahun ajaran 2023. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus
dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi
perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi, tes dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pada siklus I yang tuntas secara individual dari 20 siswa hanya 14 siswa yang
tuntas atau 72% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan
pada siklus II dimana dari 20 siswa terdapat 20 siswa atau 100% telah memenuhi
KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi.Berdasarkan hasil penelitian maka
dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V SD Inpres
Mangasa I Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa melalui pembelajaran debat
mengalami peningkatan