Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif dan
hasil belajar IPA siswa kelas IX SMP Maha Putra Tello Kota Makassar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian ini yaitu Non Equivalen Genap
Pretest Posttest Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A
dan IX-B yang berjumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran creative problem solving pada proses
pembelajaran di kelas dapat: (1) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa,
karena siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan
mendiskusikan solusi yang dapat diambil untuk menyelesaikan suatu masalah
dalam pembelajaran, dan (2) meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa, karena
siswa dapat memahami materi dengan baik. Model pembelajaran creative problem
solving membuat siswa aktif dan merasa dilibatkan dalam pembelajaran karena
proses pembelajaran creative problem solving siswa dilatih untuk berpikir kreatif
dan menyelesaikan suatu masalah yang diberikan dalam proses pembelajaran
sehingga melatih kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA pada siswa.