Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan data kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan
dokumentasi. Teknik catat dan rekaman percakapan sebagai sumber data. Peneliti
mengumpulkan data dengan menggunakan teknik rekam pada pembelajaran
Bahasa Indonesia di kelas X1 UPT SMA Negeri 4 Makassar. Berdasarkan teori,
prinsip kesantunan Leech Febriasari, Wijayant (2018: 142-143) mengemukakan
bahwa aturan Kaidah ini merupakan maksim atau peribahasa dengan nasehat yang
harus dipatuhi agar penutur memenuhi prinsip kesantunan ketika berbicara.
Maksim tersebut adalah maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim
penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim
kesimpatian. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, berdasarkan data yang
diperoleh dari rekaman tuturan guru dan siswa, ditemukan 17 data tuturan santun
dan 11 pelanggaran tuturan santun. Terdapat 4 tuturan terbanyak pada maksim
kebijaksanaan, dan 5 tuturan pelanggaran terbanyak pada maksim penghargaan.
Jadi, berdasarkan data yang diperoleh dari tingkat kesantunan proses
pembelajaran bahasa Indonesia kelas X1 UPT SMA Negeri 4 Makassar, dapat
disimpulkan bahwa tingkat kesantunan proses pembelajaran tuturan kelas X1 UPT
SMA Negeri 4 Makassar dikatakan santun