Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh
Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPAS
pada Peserta Didik Kelas V di UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi
Experiment design dengan model nonequivalent control group design, yaitu
penelitian yang menggunakan 2 kelompok yakni kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Kedua kelas tersebut, masing- masing diberikan tes terlebih dahulu
sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan.
Kelompok Eksperimen adalah kelompok yang mengalami perlakuan dengan
penggunaan media video pembelajaran bergerak selama proses pembelajaran,
sementara kelompok kontrol adalah kelompok yang melibatkan pendekatan
pembelajaran satu arah atau strategi komunikasi. Sampel Penelitian yaitu kelas 𝑉𝐵
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 peserta didik dan kelas 𝑉𝐷 sebagai
kelas kontrol yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak 4 kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan statistik
deskriptif dan inferensial. Data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan NGain dan Uji Mann Whitney U. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat
Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar
IPAS pada Peserta Didik Kelas V di UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota
Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis N-Gain kelas
eksperimen yaitu 0.58 dalam kategori sedang sedangkan kelas kontrol yaitu 0.09
dalam kategori rendah. Sedangkan menurut hasil uji Mann Whitney U pada kedua
kelas diperoleh nilai 𝑍β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 14,03 β€ 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,96. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media video
animasi pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik.