DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SPF SDN LARIANG BANGI 1 KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author RAHMATULLAH, NUR AFNI
dc.date.accessioned 2023-10-25T05:12:06Z
dc.date.available 2023-10-25T05:12:06Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519103063
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8153
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas V di UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experiment design dengan model nonequivalent control group design, yaitu penelitian yang menggunakan 2 kelompok yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tersebut, masing- masing diberikan tes terlebih dahulu sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan. Kelompok Eksperimen adalah kelompok yang mengalami perlakuan dengan penggunaan media video pembelajaran bergerak selama proses pembelajaran, sementara kelompok kontrol adalah kelompok yang melibatkan pendekatan pembelajaran satu arah atau strategi komunikasi. Sampel Penelitian yaitu kelas 𝑉𝐵 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 peserta didik dan kelas 𝑉𝐷 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan NGain dan Uji Mann Whitney U. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas V di UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis N-Gain kelas eksperimen yaitu 0.58 dalam kategori sedang sedangkan kelas kontrol yaitu 0.09 dalam kategori rendah. Sedangkan menurut hasil uji Mann Whitney U pada kedua kelas diperoleh nilai 𝑍β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 14,03 ≀ 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,96. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Media Video Animasi Pembelajaran en_US
dc.subject Hasil belajar peserta didik en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SPF SDN LARIANG BANGI 1 KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account