Abstract:
Identifikasi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan pendekatan ex-post facto. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik
Kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah
kelas V sebanyak 36 siswa yang merupakan sampel penelitian. Metode
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling. Data yang dikumpulkan diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif
dan uji analisis inferensial.
Hasil uji anaslsis data pada variabel kecerdasan emosional dengan variabel
keterampilan membaca puisi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa data
nilai berdistribusi secara normal dengan perolehan nilai rata-rata variabel yaitu
84,38 dan nilai minimum yang diperoleh siswa adalah 65,63. Skor rata-rata yang
diperoleh siswa pada variable adalah 75,78 dengan range 18,75. Sedangkan pada
variabel dapat diketahio bahwa nilai maksimal yang diperoleh siswa adalah 91,
dan nilai minimum yang diperoleh siswa adalah 70. Skor rata-rata yang diperoleh
siswa pada variable adalah 78,80 dengan range 21. Ternyata nilai sig. 0,000 lebih
kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,05
> 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional
dengan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1
Makassar.