DSpace Repository

STRATEGI KEBERLANJUTAN USAHA: MOTIVASI WIRAUSAHA

Show simple item record

dc.contributor.author Palisuri, Palipada
dc.contributor.author Abubakar, Herminawaty
dc.date.accessioned 2022-05-31T06:22:53Z
dc.date.available 2022-05-31T06:22:53Z
dc.date.issued 2018-10-30
dc.identifier.issn 2477-4979
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/820
dc.description.abstract Keahlian yang dimiliki pengrajin tembaga diperoleh secara otodidak dan merupakan keahlian turun temurun, dimana tingkat pendidikan pengrajin tembaga beragam mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Usaha kerajinan tembaga merupakan pekerjaan atau sumber penghasilan utama sebagian masyarakat di Desa Kupa ini. Pengrajin memulai usaha pembuatan berbagai model perhiasan dari material tembaga yang biasanya tidak digunakan lagi atau merupakan limbah yang tidak mempunyai nilai ekonomis, dengan modal yang terbatas mereka hanya mampu membeli tembaga bekas di pengumpul barang bekas, alat dan mesin bekas serta biasanya memanfaatkan sebagian dari rumah untuk dijadikan ruangan produksi. Urgensi masalah desa mitra adalah sistem produksi yang dilakukan pengrajin tembaga bersifat job order/pesanan konsumen tetap, rendahnya tingkat inovatif dan penguasaan teknologi, pengelolaan usahan berdasarkan manajemen kekeluargaan, kekurangan modal usaha, bertambahnya pesaing baru. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pengrajin tembaga adalah memberikan pendampingan dan pembinaan dalam proses produksi, memberikan pelatihan–pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan, inovasi dan kemampuan tehnologi dengan bekerjasama dengan instansi terkait. Hasil dan luaran yang dicapai dalam pengabdian ini adalah peningkatan pendapatan melalui peningkatan omzet pemesanan dan penjualan, menerapkan manajemen modern serta menggunakan model pemasaran yang lebih luas, meningkatkan kemampuan inovasi, kemampuan penggunaan tehnologi dan manajerial pengrajin, meningkatkan kemampuan dalam memgakses kebutuhan modal pada lembaga-lembaga keuangan, dan memperluas jaringan pemasaran. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject Pendampingan en_US
dc.subject pembinaan en_US
dc.title STRATEGI KEBERLANJUTAN USAHA: MOTIVASI WIRAUSAHA en_US
dc.title.alternative Proceeding SINDHAR IV en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding
    Publikasi artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian dosen/peneliti yang melewati proses seminar akademis atau konferensi.

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account