dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen
penilaian hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 11 Pinrang yang
terdiri atas instrumen dan rubrik pada ranah sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
instrumen penilaian hasil belajar fisika untuk materi Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian hasil belajar
fisika untuk materi Hukum Newton. Pengumpulan data validasi teoteris
melalui pendapat pakar dan proses validasi empiris dengan teknik tes dan
nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 butir instrumen
ranah pengetahuan yang tidak valid secara teoretik dengan koefisien
konsistensi antarpakar sebesar 0,96. Sedangkan, untuk instrumen
penilaian ranah sikap dan keterampilan semua butir instrumen valid
secara teoretik dengan nilai koefisien konsistensi untuk kedua instrumen
sebesar 1,00. Pada tahap validasi empirik dilakukan ujicoba beberapa kali
untuk tiap-tiap instrumen. Untuk instrumen penilaian ranah sikap spiritual
sebanyak 3 kali dan sikap sosial sebanyak 4 kali. Untuk instrumen
penilaian ranah kognitif dilakukan 3 kali dan terdapat 3 butir soal yang
tidak valid pada ujicoba ketiga. Sedangakan untuk instrumen penilaian
keterampilan kinerja sebanyak 2 kali. Berdasarkan hasil analisis semua
instrumen penilaian yang dikembangkan telah valid dan reliabel serta
layak digunakan |
en_US |