dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes hasil belajar fisika
untuk materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi, Elastisitas dan Hukum Hooke, Fluida Statik,
Fluida Dinamik, Suhu dan Kalor, Teori Kinetik Gas serta Termodinamika. Dari tujuh Kompetensi
dasar pada kelas XI MIA semester ganjil, dari 105 butir soal terdapat 103 butir soal valid hasil
validasi teoretik oleh 2 pakar, 103 butir soal valid dengan koefisien konsistensi internal sebesar 0,98
setelah validasi empirik dari 103 butir soal diperoleh 62 butir soal valid setelah dilakukan uji coba
sebanyak 2 kali. Pada ujicoba awal diperoleh 69 butir soal valid, pada ujicoba akhir diperoleh 62
butir soal yang valid dan diperoleh nilai reabilitas tes sebesar 0,93.tingkat kesukaran soal 7 butir
soal (11,29%) pada kategori sukar, 55 butir soal (88,71%) pada kategori sedang. Untuk daya
pembeda 3 butir soal (4,83%) terdapat pada kategori cukup, 18 butir soal (29,03%) pada kategori
baik, dam 41 butir soal (66,12%) terdapat pada kategori sangant baik. efektivitas pengecoh semua
pengecoh telah berfungsi dengan baik karena tidak terdapat pengecoh yang dipilih kurang dari 5
peserta didik (5%).Sehingga ke 62 butir soal tes hasil belajar fisika yang dikembangkan valid secara
teoretik dan reliabel serta layak digunakan |
en_US |