Abstract:
Pada abad 21, pendidikan harus memprioritaskan pengajaran berbasis Higher Order
Thinking Skill (HOTS). Hal tersebut dikarenakan proses pendidikan yang berbasis HOTS
telah menjadi kebutuhan global. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana
gambaran kemampuan peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menyelesaikan
soal fisika bertipe HOTS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode
survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampel jenuh dengan jumlah 166
orang peserta didik kelas X MIPA di sekolah tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan
memberikan instrumen tes bertipe HOTS yang telah valid kepada subjek penelitian. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji analisis deskriptif. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum tingkat kemampuan peserta didik kelas X
MIPA dalam menyelesaikan soal fisika bertipe HOTS masih tergolong dalam kategori
sedang, dilihat dari persentase HOTS peserta didik yang didominasi oleh kategori sedang
yakni sebesar 65,06% atau 108 peserta didik. Hal ini menjadi perlu mendapatkan perhatian
khusus bagi institusi yang berhubungan dengan pendidikan, khususnya tenaga pendidik
yang harus mampu berinovasi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bertipe HOTS sekaligus melatih keterampilan
berpikir tingkat tinggi mereka