Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif jenis evaluasi kebijakan yang bertujuan untuk
melihat dampak Permendiknas No. 24 Tahun 2007 terhadap pemanfaatan laboratorium fisika di SMA Negeri 5 Makassar.
Penelitian ini menganalisis pemanfaatan laboratorium fisika dengan melihat tiga indikator, yaitu kelengkapan sarana
laboratorium fisika, keterlaksanaan praktikum fisika, dan ketersediaan alat dalam menunjang percobaan. Teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil pengukuran triangulasi teknik dan
triangulasi sumber dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan tiap indikator dijelaskan sebagai berikut: (1) kelengkapan sarana laboratorium fisika tergolong kategori lengkap
dengan memperoleh nilai sebesar 74%, (2) keterlaksanaan praktikum fisika tergolong kategori sangat kurang baik dengan
memperoleh nilai 33%, dan (3) ketersediaan alat dalam menunjang percobaan tergolong kategori cukup tersedia dengan
memperoleh nilai 54%