PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Show simple item record

dc.contributor.author Mappalesye, Nurfadlia
dc.contributor.author Sari, S. Salmiah
dc.contributor.author Arafah, Kaharuddin
dc.date.accessioned 2023-10-25T09:03:52Z
dc.date.available 2023-10-25T09:03:52Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 1858 330X
dc.identifier.issn 2548-6373
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8261
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Fisika Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yang berlangsung pada tanggal 21 September s/d 31 Oktober 2020. Subjek coba dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 132 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi teoretik dan validasi secara empirik. Validasi teoretik dilakukan oleh dua orang pakar/ahli yang menilai instrumen yang dikembangkan kemudian dilakukan validasi empirik (ujicoba lapangan) kepada peserta didik. Indikator kemampuan berpikir kritis yang diteliti meliputi Interpretasi, Menilai Argumen (Evaluasi), Analisis, dan Inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi secara teoretik diperoleh 43 butir soal valid dari 50 total butir soal pada instrumen awal dengan koefisien konsistensi antar pakar sebesar 0,86. Pada tahap validasi secara empirik dilakukan ujicoba sebanyak dua kali, dimana pada ujicoba pertama terdapat 9 butir dibuang, 31 butir valid dan 3 butir tidak valid. Reliabilitas instrumen sebesar 0,85. Sementara pada ujicoba kedua terdapat 2 butir dibuang dan semua butir valid sebanyak 31 butir soal dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,86. Untuk efektivitas instrumen diperoleh persentase sebesar 96,25% atau berada pada kategori sangat efektif en_US
dc.publisher Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Instrumen en_US
dc.subject Reliabilitas en_US
dc.subject Validitas en_US
dc.title PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account