Abstract:
Pariwisata merupakan sektor penting dalam menggerakkan ekonomi Indonesia dan
menjadi fokus utama dalam kampanye Nation Branding "Wonderful Indonesia." Nusa
Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia memiliki
potensi besar untuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis strategi Nation Branding "Wonderful Indonesia"
terhadap pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan mengevaluasi efektivitas
kampanye tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
campuran dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi dokumen, dimana
data yang diperoleh berasal dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik
yang diangkat penulis dengan tetap memperhatikan keakuratan data yang tersedia.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan strategi yang
lebih efektif bagi pengembangan pariwisata di daerah tersebut.