Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar
Siswa Melalui Pembelajaran Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas IV SD Inpres Sambung Jawa 2 Kota Makassar. Penelitian ini
termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri
dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD
Inpres Sambung Jawa 2 Kota Makassar dengan jumlah 22 peserta didik, pada
pembelajaran tema 6 subtema 1 tahun pelajaran 2023 dengan menggunakan
kurikulum Merdeka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas belajar
peserta didik pada siklus I sebesar 58% dan pada siklus II mengalami
peningkatan 20% menjadi 79%. pada pembelajaran matematika, rata-rata
ketuntasan pada siklus I adalah 56% dan pada siklus II mengalami peningkatan
22% menjadi 78%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya
peningkatan aktivitas belajar siswa ditandai dengan tercapainya kriteria
ketuntasan minimum (KKM) dengan rata -rata ketuntasan mencapai 75% pada
pembelajaran matematika.