Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran
outdoor dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA peserta didik di kelas IX SMP
Bosowa school Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas
yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali
pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Bosowa
School Makassar sebanyak 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas
guru pada siklus pertama dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik
dengan persentase 71,25%. Dan mengalami peningkatan menjadi 93,75% dengan
kategori baik sekali. Aktivitas peserta didik juga meningkat dimana pada siklus
pertama hanya 55,88% menjadi 93,48%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar
IPA peserta didik dimana pada siklus pertama hasil tessiswa hanya 60 % meningkat
menjadi 80% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai
rata-rata yang diperoleh sebesar 88 atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA peserta
didik Kelas IX SMP Bosowa School Makassar melalui menerapan metode
pembelajaran outdoor mengalami peningkatan.