Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis atau mengetahui nilai-nilai
pendidikan karakter dan tindak tutur yang terdapat di dalam buku novel “Para
Bajingan yang Menyenangkan” Karya Puthut. E.A. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penulisan ini adalah jenis deskriptif. Penelitian ini juga
mencakup penelitian secara kualitatif, dengan cara pendekatan kualitatif
merupakan konstruksi atau menginterpretasi terhadap pemahaman atas data yang
ditemukan. Sumber data penelitian ini yaitu novel yang berjudul “Para Bajingan
yang Menyenangkan” Karya Puthut E.A. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik membaca kritis dan teknik mencatat.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis teknik
kualitatif. Analisis kualitatif dapat digolongkan ke dalam metode deskriptif yang
penerapannya dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, dan
mendeksripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima nilai
pendidikan karakter dan tindak tutur lokusi,ilokusi,perlokusi dan tindak tutur
langsung, tindak tutur literal dan tidak literal, tindak tutur langsung tidak literal,
tindak tutur tidak langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, dan tindak
tutur tidak langsung tidak literal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa novel “Para
Bajingan yang Menyenangkan” adalah novel yang layak diapresiasikan. Karena
memiliki struktur akademik yang universal, kelayakan diberikannya apresiasi
tidak hanya dari segi tersebut, Tetapi para tokoh “Para Bajingan yang
menyenangkan” ingin membagikan pengalaman dan keilmuannya secara lugas,
dan dari hasil penelitian penulis terdapat para tokoh mempunyai karakter yang
unik yang bisa memberikan nasihat baik tutur kata ataupun tindakan.