Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan
literasi numerasi kelas V MIN 2 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V MIN 2 Gowa dengan jumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa termasuk kategori baik
hanya saja masih ada beberapa siswa yang masih membutuhkan bimbingan dari
guru. Selanjutnya faktor yang menyebabkan kemampuan literasi numerasi siswa
masih tergolong rendah yaitu, siswa selalu menganggap pembelajaran matematika
adalah pelajaran yang sulit sehingga muncul rasa khawatir yang tinggi sehingga
membuat siswa menjadi gelisah, dan kurang semangat dan konsentrasi dalam
mengikuti pembelajaran, selain itu ada juga faktor lain yaitu kurangnya sumber
bacaan, faktor lingkungan dan yang terakhir yaitu kurangnya semangat belajar.