Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang
bertujuan untuk menganalisis penguasaan kompetensi pedagogik guru fisika SMAN di Kota.
Sampel penelitian dipilih secara acak sebanyak 8 orang guru yang berasal dari 8 sekolah
yang ditentukan secara cluster random sampling berdasarkan akreditasi sekolah, guru yang
telah bersertifikasi dari Tahun 2007 sampai dengan 2014, guru yang telah mengikuti tes uji
kompetensi pedagogik Tahun 2015 dan 2017, dan guru yang telah mengikuti pelatihan
Kurikulum 2013 lebih dari tiga kali. Data dikumpulkan dengan cara pemberian kuesioner
dan observasi untuk mengukur kompetensi pedagogik guru dan pengkajian dokumentasi
RPP untuk mengukur indikator pengembangan kurikulum, selanjutnya dianalisis secara
statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan indikator (1) penguasaan karakteristik
peserta didik memperoleh nilai rata-rata 75,47 dengan kategori cukup, (2) penguasaan teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik memperoleh nilai rata-rata 76,41
dengan kategori baik, (3) penguasaan pengembangan memperoleh nilai rata-rata sebesar
67,19 dengan kategori cukup, (4) penguasaan melaksanakan kegiatan yang mendidik
memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori baik, Secara keseluruhan dalam
penguasaan kompetensi pedagogik guru fisika SMAN di kota Makassar dalam kategori baik