Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik
yang diajar melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang diajar dengan pembelajaran
konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali Tahun Ajaran 2017/2018, dan (2)
menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran
inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali
Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen sesungguhnya
dengan menggunakan Posttest Only Design With Nonequivalent Groups. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali Tahun Ajaran
2017/2018 dan sampel dipilih secara Purposiive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran
inkuiri terbimbing dengan skor ideal 28 adalah sebesar 20,44 dan standar deviasinya 2,75
sedangkan skor rata-rata hasil belajar fisika yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah
sebesar 17,78 dan standar deviasinya 3,12. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran
konvensional pada kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali pada taraf nyata � = 0,05.