Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab ketidaktuntasan materi pada peserta didik SMAN 13 Makassar. Variabel
dalam penelitian ini adalah ketidaktuntasan materi fisika. Subjek penelitian pada penelitian ini
adalah pendidik pada SMAN 13 Makassar. Tehknik pengumpulan data yang digunakan peneliti
dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, serta cross check data. Data dari hasil
penilitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaktuntasan materi pada
siswa antara lain (1) Tidak terlaksananya RPP dengan baik, (2) kurangnya efisiensi waktu yang
digunakan oleh pendidik, (3) penjelasan pendidik yang berulang pada satu sub-bab materi, (4)
Kurangnya pengorganisasian materi yang baik dari pendidik, (5) Tidak di berlakukannya
pemberian pekerjaan rumah oleh pendidik kepada peserta didik, (6) kurangnya kemampuan
peserta didik dalam perhitungan. Ketidaktuntasan materi pada peserta didik ini dilihat dari satu
aspek yaitu pendidik. Dimana kurangnya perhatian pendidik pada perencanaan yang matang bagi
proses pembelajaran fisika di dalam kelas