Abstract:
Umumnya kesulitan membaca merupakan suatu kondisi tertentu, yang
ditandai dengan adanya hambatan-hambatan terutama dalam kegiatan mencapai
tujuan. penyebab terjadinya kesulitan membaca yang dialami siswa pada saat
membaca seperti, sulit mengenali huruf atau simbol, menunjuk setiap kata yang
sedang dibaca, rendah tingginya nada saat membaca, tidak dapat membedakan
huruf (p,q), sulit melafalkan gabungan huruf, minimnya pemahaman yang
diperoleh dalam membaca dan adanya gangguan fisik yang secara tak sadar
menghambat konsentrasi membaca. Tujuan penelitian ini adalah, untuk
mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan
membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan, 1)
kesulitan yang dialami siswa karena masih banyak yang belum hafal huruf abjad
dan juga siswa belum bisa membedakan huruf dalam kegiatan belajar masih
banyak siswa yang berkesulitan dalam membaca, 2) faktor yang dapat
menghambat siswa kesulitan membaca yaitu faktor internal dan eksternal. Selain
itu faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan siswa membaca yaitu seperti
memberikan bimbingan, perhatian, dan motivasi, serta guru dan orang tua
menjalin kerja sama yang baik untuk memantau perkembangan siswa, 3) Upaya
guru dalam mengatasi kesulitan membaca adalah dengan membimbing siswa
yang berkesulitan membaca dengan menciptakan suasana yang nyaman dan
menyenangkan, tidak hanya itu guru juga menggunakan metode abjad, dan
metode eja untuk siswa kesulitan membaca.