Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VIII di SMPN 35
Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 35 Makassar.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas VIII.1 tahun ajaran
2023/2024. Peneliti menganalisis data dari kuesioner yang disebarkan kepada
siswa dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase
frekuensi informasi yang dibagikan dengan jumlah sampel. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata
siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor
yang paling dominan berpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa. Faktor
internal ini terdiri dari dua yaitu motivasi siswa belajar kosakata dan kepercayaan
diri siswa dalam belajar kosakata. Faktor eksternal merupakan faktor yang
mempengaruhi siswa dari luar untuk mengusai kosakata. Faktor eksternal tersebut
terdiri dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.