Abstract:
Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan membaca
siswa dengan penggunaan metode membaca bersama berbantuan media Bigbook
pada siswa kelas III di SD 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimental design. Penelitian
ini melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan perlakuan dengan tujuan
untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan penggunaan metode
membaca bersama berbantuan media Bigbook Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas III SD Ranteliang Kabupaten Mamasa yang terdiri dari satu
kelas yang berjumlah 10 orang. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas III
yang dipilih dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh karena
populasi dari penelitian ini kurang dari 100. Oleh karena itu sampel dari penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas III. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu teknik tes.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas III SDN
Ranteliang Kabupaten Mamasa peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan
membaca siswa dengan penggunaan berbantuan media Bigbook pada siswa kelas
III di SD 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa yang semulanya rendah meningkat
setelah peneliti memberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
secara keseluruhan penerapan pengajaran membaca menggunakan Bigbook untuk
mendukung siswa kelas III di SDN Ranteliang Kabupaten Mamasa sangat
bermanfaat karena proses pembelajaran berlangsung sesuai rencana pembelajaran
yang dikembangkan dan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu
82,2% siswa mencapai nilai rata-rata dan melewati batas yang ditentukan yaitu
75. Berdasarkan pada hasil analisis uji t diperoleh t hitung > t tabel dengan taraf
signifikansi 5% (16.23 > 1.833) dimana nilai p < 0.05 dan dinyatakan bahwa
adanya kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode membaca
bersama dengan berbantuan media Bigbook pada siswa kelas III SDN Ranteliang
Kabupaten Mamasa.