dc.contributor.author | RIHAYUNINGSI | |
dc.date.accessioned | 2023-10-27T01:57:43Z | |
dc.date.available | 2023-10-27T01:57:43Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.other | 4516103071 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8492 | |
dc.description.abstract | Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan penggunaan metode membaca bersama berbantuan media Bigbook pada siswa kelas III di SD 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimental design. Penelitian ini melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan perlakuan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan penggunaan metode membaca bersama berbantuan media Bigbook Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Ranteliang Kabupaten Mamasa yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 10 orang. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas III yang dipilih dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh karena populasi dari penelitian ini kurang dari 100. Oleh karena itu sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Ranteliang Kabupaten Mamasa peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dengan penggunaan berbantuan media Bigbook pada siswa kelas III di SD 001 Ranteliang Kabupaten Mamasa yang semulanya rendah meningkat setelah peneliti memberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerapan pengajaran membaca menggunakan Bigbook untuk mendukung siswa kelas III di SDN Ranteliang Kabupaten Mamasa sangat bermanfaat karena proses pembelajaran berlangsung sesuai rencana pembelajaran yang dikembangkan dan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu 82,2% siswa mencapai nilai rata-rata dan melewati batas yang ditentukan yaitu 75. Berdasarkan pada hasil analisis uji t diperoleh t hitung > t tabel dengan taraf signifikansi 5% (16.23 > 1.833) dimana nilai p < 0.05 dan dinyatakan bahwa adanya kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode membaca bersama dengan berbantuan media Bigbook pada siswa kelas III SDN Ranteliang Kabupaten Mamasa. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | Kemampuan Membaca | en_US |
dc.subject | Membaca Bersama | en_US |
dc.subject | Media Bigbook | en_US |
dc.title | KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE MEMBACA BERSAMA BERBANTUAN MEDIA BIGBOOK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 RANTELIANG KABUPATEN MAMASA | en_US |