Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental bentuk pre-test
post-test design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya
melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding
(kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scrabble
terhadap kemampuan membaca permulaan dikelas II SDN 94 Lalong, Kecamatan
Walenrang, Kabupaten Luwu. Tahun ajaran 2023/2024. Satuan eksperimen dalam
penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 28 orang. Penelitian dilaksanakan
selama 6 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari aspek,
yaitu ketercapaian ketuntasan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam
pembelajaran. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek diatas terpenuhi. teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah data skor perolehan hasil membaca
permulaan siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca, data
tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan
lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis statistik deskriptif
penggunaan media scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan siswa
positif, kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media
scrabble menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan
media scrabble. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t,
diketahui bahwa nilai yang diperoleh adalah 10,75 dengan frekuensi db =
28 – 1 = 27, pada taraf signifikan 5% diperoleh = 1,70. Jadi, ˃
atau hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternative ( ) diterima. Hal ini
membuktikan bahwa ada pengaruh dalam menerapkan media scrabble terhadap
kemampuan membaca permulaan kelas II SDN 94 Lalong, Kecamatan
Walenrang, Kabupaten Luwu.