DSpace Repository

PENGARUH MEDIA SCRABBLE TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI SD 94 LALONG, KECAMATAN WALENRANG, KABUPATEN LUWU

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, RISKA
dc.date.accessioned 2023-10-27T03:25:03Z
dc.date.available 2023-10-27T03:25:03Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519103073
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8534
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental bentuk pre-test post-test design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan dikelas II SDN 94 Lalong, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu. Tahun ajaran 2023/2024. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 28 orang. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari aspek, yaitu ketercapaian ketuntasan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek diatas terpenuhi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data skor perolehan hasil membaca permulaan siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca, data tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis statistik deskriptif penggunaan media scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan siswa positif, kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media scrabble menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan media scrabble. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa nilai yang diperoleh adalah 10,75 dengan frekuensi db = 28 – 1 = 27, pada taraf signifikan 5% diperoleh = 1,70. Jadi, ˃ atau hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternative ( ) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh dalam menerapkan media scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan kelas II SDN 94 Lalong, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject PENGARUH en_US
dc.subject PRA-EKSPERIMEN en_US
dc.subject MEDIA SCRABBLE en_US
dc.title PENGARUH MEDIA SCRABBLE TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI SD 94 LALONG, KECAMATAN WALENRANG, KABUPATEN LUWU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account