Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media
animasi terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn kelas V
UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar. Jenis Penelitian ini ialah
penelitian pra-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian
one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas
V A sebanyak 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya
pengaruh penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar peserta didik
dalam pembelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t atau uji hipotesis
dimana pada Independent Sampel Test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000
< 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum
dan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media animasi peserta didik
kelas V UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Kota Makassar.