Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara pola asuh
grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di kota Makassar. Sampel yang
digunakan pada penelitian ini berjumlah 413 siswa(i) yang bersekolah di SMA/SMP di
kota Makassar, dengan rentang usia 11-18 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan dua skala yaitu Skala Kemandirian Belajar siap pakai oleh Sella (2020) dan
Skala Grandparenting yang di konstrak oleh peneliti sendiri. Analisis data yang digunakan
pada penelitian ini yaitu menggunakan Pearson Chi-Square dengan bantuan aplikasi IBM
SPSS Statistic 25. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh positif antara pola asuh grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di
kota Makassar dengan nilai korelasi (r) pada Grandparenting (Remote) sebesar 0.193,
korelasi (r) pada Grandparenting (Companionate) sebesar 0.142, korelasi (r) pada
Grandparenting (Involved) sebesar 0.133. Oleh karena itu, diketahui bahwa semakin tinggi
Grandparenting yang dimiliki oleh kakek dan nenek maka Kemandirian Belajar anak juga
akan semakin meningkat, dalam hal ini ialah Remaja di kota Makassar.