PENGARUH POLA ASUH GRANDPARENTING TERHADAP KEMANDIRAN BELAJAR REMAJA DI KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author HASYIM, SHINTA AISYAH
dc.date.accessioned 2023-10-27T06:08:38Z
dc.date.available 2023-10-27T06:08:38Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519091168
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8553
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara pola asuh grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di kota Makassar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 413 siswa(i) yang bersekolah di SMA/SMP di kota Makassar, dengan rentang usia 11-18 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Kemandirian Belajar siap pakai oleh Sella (2020) dan Skala Grandparenting yang di konstrak oleh peneliti sendiri. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Pearson Chi-Square dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pola asuh grandparenting terhadap kemandirian belajar remaja di kota Makassar dengan nilai korelasi (r) pada Grandparenting (Remote) sebesar 0.193, korelasi (r) pada Grandparenting (Companionate) sebesar 0.142, korelasi (r) pada Grandparenting (Involved) sebesar 0.133. Oleh karena itu, diketahui bahwa semakin tinggi Grandparenting yang dimiliki oleh kakek dan nenek maka Kemandirian Belajar anak juga akan semakin meningkat, dalam hal ini ialah Remaja di kota Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Grandparenting en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Remaja en_US
dc.title PENGARUH POLA ASUH GRANDPARENTING TERHADAP KEMANDIRAN BELAJAR REMAJA DI KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account