Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas
media kartu kata dalam pembelajaran membaca pada siswa kelas III SD Inpres
Lae-lae I Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, yaitu memberikan tes
sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan
dengan menggunakan media kartu kata. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas III sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan uji
Normalitas, Homogenitas dan Hipotesis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ada efektivitas media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil analisis bahwa nilai signifikan sebesar 0,00 ≤ 0,05
yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil
pretest dan posstest sehingga dapat dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak
dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan
media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas III di SD Inpres Laelae I Kota Makassar.