Abstract:
Perkembangan era digital berdampak pada segala bidang yang
mengharuskan setiap elemen beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Dalam
lingkungan yang semakin terkoneksi dan canggih secara teknologi, karakter
individu menjadi perhatian utama dalam menghadapi berbagai dilema etika dan
moral yang muncul. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk memahami upaya
pembinaan karakter siswa pada era digital. Dalam hal ini, sebagai bagaimana
pendidik menghadapi tantangan dan perubahan karakter yang terjadi pada era
digital di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal IV Makassar. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian
ini adalah guru di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal IV sebanyak 3 orang.
Penelitian dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pembinaan karakter
siswa pada era digital adalah yang pertama, membentuk dan mengembangkan
karakter siswa melalui multimedia interaktif berbasis karakter, menekankan nilai
karakter positif pada materi pembelajaran, pembentukan kedisiplinan,
pembentukan ketakwaan, pembentukan sosial, pembentukan literasi dengan
TABACA, dan pengembangan melalui ekstrakurikuler. Kedua, penguatan dan
perbaikan melalui pemberian pujian dan apresiasi, pembiasaan sopan santun,
sosialisasi penggunaan media digital bertanggung jawab. Dan ketiga, penyaringan
karakter melalui pemantauan aktivitas digital dan memperkenalkan budaya lokal.