Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar
siswa pada pembelajaran IPS SD 1 Lancirang dengan menggunakan media
pembelajaran Pop Up.
Penelitian ini model yang digunakan adalah adaptasi dari model Kemmis
dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Keempat komponen tersebut dipandang sebagai siklus
dalam penelitian adalah satu putaran yang terdiri dari perencanaan tindakan
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV
SD 1 Lancirang yang berjumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 9 siswa
laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen yang di gunakan untuk memperoleh
data dalam penelitian tindakan kelas yaitu obervasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian berdasarkan pra siklus yang telah dilakukan menunjukkan
bahwa hanya 60% dari total jumlah siswa yang mampu memenuhi kriteria
ketuntasan, dimana 6 dari 15 siswa masih belum mencapai kriteria keberhasilan,
lalu pada siklus I jumlah siswa yang mencapai skor dengan klasifikasi tinggi
meningkat 13% menjadi 73%, dimana 4 dari 15 siswa belum mencapai kriteria
keberhasilan. Kemudian pada siklus II seluruh siswa yang hadir dapat mencapai
kriteria ketuntasan yaitu skor kuesioner mencapai klasifikasi tinggi. Dari data
tersebut dapat dihitung bahwa 100% jumlah siswa yang hadir mampu memenuhi
kriteria ketuntasan dengan seluruh siswa mencapai skor kuesioner dengan
klasifikasi tinggi. Sementara kriteria keberhasilan penelitian ini adalah ≥75%
jumlah siswa mencapai skor kuesioner dengan klasifikasi tinggi pada siswa kelas I
SD Negeri 1 Lancirang