JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.
THE IMPACT OF USING GADGET IN INCREASING STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN ELEVENTH GRADE AT SMA NEGERI 4 MAKASSAR
JULIANI, TRIGEN
Date:2023
Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan gawai
dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas sebelas di SMA Negeri
4 Makassar tahun ajar 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 20 siswa dari kelas XI-8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dengan menggunakan
tiga tahap, yaitu pre-test, perlakuan, dan post-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa meningkat dari pre-test ke
post-test. Nilai rata-rata pre-test siswa adalah 41,960 dan nilai rata-rata post-test
adalah 69,295. T-test dihitung menggunakan SPSS 18 dan hasilnya adalah 0,000
(<0,50), yang artinya ada perbedaan signifikan dari nilai siswa di pre-test dan
post-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai dapat
meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas di SMA Negeri 4
Makassar.