Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan gawai
dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas sebelas di SMA Negeri
4 Makassar tahun ajar 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 20 siswa dari kelas XI-8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dengan menggunakan
tiga tahap, yaitu pre-test, perlakuan, dan post-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa meningkat dari pre-test ke
post-test. Nilai rata-rata pre-test siswa adalah 41,960 dan nilai rata-rata post-test
adalah 69,295. T-test dihitung menggunakan SPSS 18 dan hasilnya adalah 0,000
(<0,50), yang artinya ada perbedaan signifikan dari nilai siswa di pre-test dan
post-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai dapat
meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas di SMA Negeri 4
Makassar.