Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengajaran metode Total
Physical Response melalui tiktok untuk meningkatkan preestasi belajar bahasa
inggris siswa di SMAN 18 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian pra-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN
18 Makassar pada semester pertama tahun ajaran 2023/2024. Jumlah sampel
sebanyak 33 siswa. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan
memberikan pre-test, treatment, dan post-test. Data penelitian ini dianalisis
dengan menggunakan program SPSS versi 25.0. Peneliti menyimpulkan bahwa
terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar Bahasa inggris siswa
dengan menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) Melalui Tiktok
Sebagai Media Pembelajaran. Hal ini di dukung oleh hasil skor rata-rata pada pretest dan pos-test. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 55,45, sedangkan pada posttest adalah 84,70. Nilai signifikan dalam penelitian ini adalah 0,000 yang lebih
kecil dari 0,5. Ini berarti bahwa terdapat peningkatan pada prestasi belajar Bahasa
inggris dengan Metode Total Physical Response (TPR) Melalui Tiktok Sebagai
Media Pembelajaran.