Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui manajemen pelayanan publik di
Masa Pandemi Covid 19 Di Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang. 2) Untuk
mengetahui bentuk Pelayanan Publik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Masa
Pandemi Covid 19 Di Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang.. Rancangan penelitian
yang digunakan oleh peneliti adalah menekankan pada penelitian kualitatif.
Penelitian ini akan dilakukan Rumah Tahanan Negera Kelas IIB Kab. Pinrang,
Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan instrument wawancara,
observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Berdasarkan uraian hasil
penelitian disimpulkan bahwa pelayanan publik di Rumah Tahanan Negara Kelas
IIB Pinrang telah menerapkan aspek-aspek manajemen pelayanan mulai
perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian yang telah berjalan dengan baik.
Dari aspek perencanaan pelayanan telah memiliki sasaran dan indikator yang jelas
serta difokuskan pada peningkatan pelayanan kebutuhan warga binaan. Selain itu,
dalam perencanaan pelayanan telah ditetapkan standar dan prosedur pelayanan
yang jelas dan SDM pemberi layanan yang profesional. Dari aspek
pengorganisasian dilakukan pengorganisasian pegawai berdasarkan kemampuan
dan keahlian yang dimiliki untuk mengisi masing-masing tugas dan jabatan,
membangun kerjasama, sinergitas dan komitmen pelayanan yang tertuang dalam
perjanjian kinerja. Adapun dari aspek pengendalian, segala bentuk pelayanan
disertai dengan prosedur layanan yang wajib dijalankan baik terkait jangka waktu
penyelesaian setiap unsur layanan pemasyarakatan, adanya jaminan pelayanan dan
jaminan keamanan. Selain itu dilakukan juga evaluasi kinerja dan pengendalian
serta penyelesaian masalah yang ditemukan. Selain telah menerapkan aspek-aspek
manajemen seperti tersebut di atas, dalam melaksanakan kegiatan pelayanan
Rumah Tahanan Negara Kelas II B Pinrang juga melakukan serangkain inovasi
pelayanan public.