DSpace Repository

EFEK MODERASI MOTIVASI BELAJAR PADA PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN PINRANG

Show simple item record

dc.contributor.author H, FITRIANI
dc.date.accessioned 2023-10-30T07:59:14Z
dc.date.available 2023-10-30T07:59:14Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106006
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8647
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan penggunaan model quantum teaching dengan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar (2) pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar (3) terdapat interaksi moderasi penerapan model quantum teaching dengan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah PretestPosttest Non-Equivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 168 Pinrang dan siswa kelas V UPT SD Negeri 98 Pinrang. Siswa kelas V UPT SD Negeri 168 Pinrang yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V UPT SD Negeri 98 Pinrang sebagai kelas kontrol berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif memberikan gambaran keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kovariat (ANOVA) dengan taraf signifikan 5%. Analisis deskritif dan inferensial dibantu dengan menggunakan program SPSS Versi 24. Sebelum data dianalisis dengan ANOVA terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji One-Sample Kolmogrov-Smirnov. Uji homogenitas menggunakan Leven’s Test of Equality of Error Variances. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) terdapat perbedaan signifikan penggunaan model quantum teaching dengan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat, terbukti dengan tingginya skor yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Tinggi rendahnya motivasi belajar siswa berpengaruh pada keterampilan berpikir kritis siswa. Terbukti dari perbedaan skor keterampilan berpikir kritis yang diperoleh. (3) Tidak terdapat interaksi moderasi penerapan model quantum teaching dengan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, variabel-variabel ini tidak saling berkaitan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Motivasi berbeda en_US
dc.subject model Quantum Teaching en_US
dc.subject keterampilan berpikir kritis en_US
dc.title EFEK MODERASI MOTIVASI BELAJAR PADA PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN PINRANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account