Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui
penerapan teknik mind mapping dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
menulis Esai Narasi melalui penerapan teknik mind mapping pada siswa kelas V
UPTD SD Negeri 53 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dan bersifat kolaboratif.
Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas V
UPTD SD Negeri 53 Parepare.Teknik pengumpul data adalah observasi dokumentasi
dan tes. Alat pengumpul data adalah lembar observasi (IPKG 2) dan unjuk kerja
siswa. Dari data yang diperoleh hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran terhadap
guru dari base line sampai siklus II dengan skor rata-rata yaitu (2,56), (3,67) . Hasil
penilaian kemampuan menulis esai narasi dari base line sampai siklus II dengan skor
rata-rata yaitu (61,1), (69), (81,18). Hasil penilaian Ketuntasan Belajar sampai siklus
II yaitu siklus I (tuntas 43%, dan tidak tuntas 57%) dan untuk siklus II (tuntas 90%
dan tidak tuntas 10%) Kesimpulan, proses pelaksanaan pembelajaran dan
kemampuan menulis esai narasi melalu teknik mind mapping pada siswa kelas V
mengalami peningkatan.