DSpace Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI NARASI MELALUI TEKNIK MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V UPTD SD NEGERI 53 PAREPARE

Show simple item record

dc.contributor.author H A D I J A H
dc.date.accessioned 2023-10-30T08:02:51Z
dc.date.available 2023-10-30T08:02:51Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106021
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8649
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan teknik mind mapping dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis Esai Narasi melalui penerapan teknik mind mapping pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 53 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dan bersifat kolaboratif. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 53 Parepare.Teknik pengumpul data adalah observasi dokumentasi dan tes. Alat pengumpul data adalah lembar observasi (IPKG 2) dan unjuk kerja siswa. Dari data yang diperoleh hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran terhadap guru dari base line sampai siklus II dengan skor rata-rata yaitu (2,56), (3,67) . Hasil penilaian kemampuan menulis esai narasi dari base line sampai siklus II dengan skor rata-rata yaitu (61,1), (69), (81,18). Hasil penilaian Ketuntasan Belajar sampai siklus II yaitu siklus I (tuntas 43%, dan tidak tuntas 57%) dan untuk siklus II (tuntas 90% dan tidak tuntas 10%) Kesimpulan, proses pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan menulis esai narasi melalu teknik mind mapping pada siswa kelas V mengalami peningkatan. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Menulis Esai Narasi en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI NARASI MELALUI TEKNIK MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V UPTD SD NEGERI 53 PAREPARE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account