Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA dengan
menggunakan metode Problem Based Learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar
di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, mendeskripsikan hasil belajar IPA
dengan menggunakan metode pembelajaran saintifik pada siswa kelas V,
mendeskripsikan perbedaan antara hasil belajar IPA yang menggunakan metode
Problem Based Learning dengan metode pembelajaran saintifik.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah non
equivalent control group design. Jenis Teknik sampling yang digunakan adalah
sampling purposive dengan jumlah sampel yakni 52 orang siswa. Data hasil dalam
penelitian ini adalah hasil dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu
analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil statistik deskriptif
diperoleh dari hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan pada manusia.
Hasil analisis dengan menggunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa
menggunakan metode Problem Based Learning pada siswa mengalami perbedaan
sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) treatmen yakni menerapkan metode PBL
dalam proses pembelajaran. Hasil belajar IPA siswa menggunakan metode
Saintifik pada siswa mengalami perbedaan sebelum (pretest) dan sesudah
(posttest) treatment yakni menerapkan metode saintifik dalam proses
pembelajaran.Terdapat perbedaan penerapan metode pembelajaran PBL dan
pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar di
Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Signifikansi yang diperoleh juga nilainya
lebih kecil, artinya terdapat perbedaan ketika pretest dan hasil postest.