DSpace Repository

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG

Show simple item record

dc.contributor.author HAKIKI
dc.date.accessioned 2023-10-30T08:04:53Z
dc.date.available 2023-10-30T08:04:53Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106010
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8651
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, mendeskripsikan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran saintifik pada siswa kelas V, mendeskripsikan perbedaan antara hasil belajar IPA yang menggunakan metode Problem Based Learning dengan metode pembelajaran saintifik. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah non equivalent control group design. Jenis Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive dengan jumlah sampel yakni 52 orang siswa. Data hasil dalam penelitian ini adalah hasil dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan pada manusia. Hasil analisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa menggunakan metode Problem Based Learning pada siswa mengalami perbedaan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) treatmen yakni menerapkan metode PBL dalam proses pembelajaran. Hasil belajar IPA siswa menggunakan metode Saintifik pada siswa mengalami perbedaan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) treatment yakni menerapkan metode saintifik dalam proses pembelajaran.Terdapat perbedaan penerapan metode pembelajaran PBL dan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Signifikansi yang diperoleh juga nilainya lebih kecil, artinya terdapat perbedaan ketika pretest dan hasil postest. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Problem based learning en_US
dc.subject saintifik en_US
dc.subject Hasil belajar IPA en_US
dc.subject Sekolah Dasar en_US
dc.title PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account