Abstract:
Tujuan penelitan ini adalah mengetahui pemanfaatan cerita pendek sebagai media
pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi
menemukan gagasan pokok siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang. Penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa
yang berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil
penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik dan hasil tes belajar
berada pada kualifikasi kurang. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses
pembelajaran berada pada kualifikasi baik dan hasil tes belajar belajar berada pada
kualifikasi baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatkan media cerita
pendek pada pembelajaran dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada
materi gagasan pokok. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas dan hasil
belajar siswa selama proses pembelajaran dengan kategori baik