dc.contributor.author | HATIRA | |
dc.date.accessioned | 2023-10-30T08:06:54Z | |
dc.date.available | 2023-10-30T08:06:54Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.other | 4621106009 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8652 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitan ini adalah mengetahui pemanfaatan cerita pendek sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menemukan gagasan pokok siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik dan hasil tes belajar belajar berada pada kualifikasi baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatkan media cerita pendek pada pembelajaran dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi gagasan pokok. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan kategori baik | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | media cerita pendek | en_US |
dc.subject | gagasan pokok | en_US |
dc.subject | hasil belajar Bhs. Indonesia | en_US |
dc.title | PEMANFAATAN CERITA PENDEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MENEMUKAN GAGASAN POKOK PADA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 102 PINRANG | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |