DSpace Repository

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI GURU TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UJUNG KOTA PAREPARE

Show simple item record

dc.contributor.author IDRIS, NURENI
dc.date.accessioned 2023-10-31T06:37:48Z
dc.date.available 2023-10-31T06:37:48Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106013
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8733
dc.description.abstract Ketimpangan-ketimpangan sosial yang dilakukan oleh peserta didik yang digambarkan tersebut adalah tekanan yang besar bagi para pendidik untuk diselesaikan. Terbentuknya kebiasaan-kebiasaan buruk yang terjadi di lingkungan sosial peserta didik perlu ditindaklanjuti dengan menguatkan pendidikan karakter dan pemberian moptivasi pada tatanan pendidikan dasar saat ini. Mengingat guru adalah seorang pendidik dan pembimbing, maka penerapan pendidikan karakter dan pemberian motivasi bagi peserta didik amat penting menjadi prioritas agar peserta didik mampu menjalankan kegiatan interaksi sosial dengan berkarakter dan memiliki moral yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan karakter terhadap interaksi sosial peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Ujung Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Kota Parepare berjumlah 121 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis uji t parsial, uji F simultan dan uji regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan 1) Pendidikan karakter berpengaruh terhadap interaksi sosial peserta didik Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Kota Parepare. Hal ini berdasarkan angket yang memperoleh nilai tertinggi yakni saya diajarkan agar menyapa dan memberi salam hormat kepada guru dan teman di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. 2) Motivasi guru berpengaruh terhadap interaksi sosial peserta didik Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Kota Parepare. Hal ini berdasarkan angket yang memperoleh nilai tertinggi yakni guru memotivasi kami untuk selalu ramah, dan memberi salam kepada orang lain. 3) Pendidikan karakter dan motivasi guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap interaksi sosial. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Motivasi Guru en_US
dc.subject Interkasi Sosial en_US
dc.subject Peserta Didik. en_US
dc.subject Peserta Didik. en_US
dc.title PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI GURU TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UJUNG KOTA PAREPARE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account